Jumat, 23 April 2010

SELUK BELUK SEDEKAH

"Boleh gak pamrih sama Allah...?"

Emang boleh sedekah dengan minta sama2 kpd Allah ?, apa gak pamrih tuh?, bukankah harus ikhlas memurnikan sedekah karena Allah ?"

Pertanyaan ini seriiiiing bener ditanyakan sama jamaah, saya juga seneng jawabinnya jika ada waktu, sebab ini bukan saja persoalan keyakinan tetapi persoalan keyakinan dan tauhid kita.
Allah meminta kita untuk meminta kepada-Nya, tanpa diharuskan sedekah apa tidak.
Artinya tanpa sedekah pun kita juga bisa minta sama Allah.

Karena sedekah itu amal shaleh, mestinya lebih bisa lagi kita meminta kepada Allah, karena disertai dengan amal shaleh.

Kemudian ada yg nanya, terus kemudian niatnya apa?, sedekah pengen punya mobil?.Masa iya sih sedekah pengen punya mobil..Wuah saya mah istiqomah dgn jawaban saya, sekali lagi berdoa supaya punya mobil saja boleh, apalagi jika didahului sedekah.

Coba buka mata hati sebentar dgn pemikiran atau gagasan ini, jangan terburu2 ditolak, kalau dari awal udah nolak, ya susah. Coba ya ikuti penjelasannya, koreksi kalimat saya dalam permohonannya begini :

" Ya Allah besok udah mau puasa, habis puasa datang lebaran. Saya pengeeeeeeen muliakan orang tua, ingin manjain orang tua, bahagiakan mereka..dulu waktu orang tua gagah, pulang kampung berdempet2an kagak jadi masalah, sekarang usia senja kasihan mereka, Ya Allah berikanlah saya Mobil, berikanlah hamba rejeki untuk bisa beli mobil, agar saya bisa persembahkan kpd orang tua, Engkau menyuruhku meminta hanya kepada-Mu, sedangkan Engkau maha Pemurah, jadikanlah rejeki mobil ini tiba sebelum lebaran, agar didalamnya orang tua saya bisa tersenyum bahagia, tanpa harus berjalan dikeramaian dengan resiko bermacam2 seperti maling dsb.."

Boleh gak doa begitu, saya rasa gak satu pun yang bilang gak boleh, karena memang ada kesantunan dalam berdo'a, untuk pribadi kita yang dihubungkan dengan kemaslahatan ibadah kita yang lain, apalagi dalam rangka berbakti kpd orang tua, jika demikian bagusnya niat, gak mustahil doa yang tadinya dalam konteks candaan malah membuat diri sodara bisa memiliki Mobil beneran.

kesantunan disertai keperluan beribadah dalam do'alah sewajarnya untuk dikabulkan, bukan dengan kalimat doa mentah seperti " Ya Allah saya udah bersedekah ni, kabulkan keinginan saya..."
jelas bukan ini yang saya maksudkan, Allah maha baik, suka dengan kebaikan, di tangan-Nya segala kebaikan dan kekuasaan, Insya Allah dengan niatan redaksi yg benar diiiringi untaian kalimat merendah Doa dan amalan shaleh akan seiring menjadi solusi dari setiap permasalahan kita, Insya Allah, Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar