Jumat, 23 April 2010

Tanya Jawab SMS

PERTANYAAN ( 081798XXXXX )

Awb , mungkin bpk adalah ajudan ustad jusupmansyur, apa yg bpk lakukan dgn tdk mau angkat telp dan jg tdk mau jawab sms, merupakan cerminan org yg tdk islami ! Org briman n brtakwa pasti memelihara tali silaturahmi , sbanyak apa pun call n sms yg bpk terima itu adalah bagian dari resiko pekerjaan sbg ajudan org tenar , pd saat tenar , rendah hatilah jgn sombong , menunduklah ke bawah, krn bukan tdk mungkin bila snmbong begini maka akan diterpurukkan ke tempat yg serendah2nya kembali spt Aa Gym , zaenudin Mz ,dll , di gratisin aja banyak org yg ga mau denger lg ceramahnya ! Ok ? Mohon respon nya ! Kasian khan, ustad jusup nya Shaleh , rusak krn ulah bpk sbg ajudan nya yg kesombongan ! Tx ! El.

JAWAB :

El yang baik. Saya tdk punya ajudan. Saya tdk punya sekretaris, dan saya tdk punya manajemen. Untuk urusan tausiyah, saya betul2 tdk punya tangan kanan. Saya sdh jelaskan banyak hal di website u/ meminta kemakluman jamaah yg sms dan telpon saya. El bisa lihat di website saya: www.wisatahati.com, khususnya yg berkenaan dg soal ini. Dan u/ tdk membuat El buruk sangka, berikut saya nukilkan sedikit apa yg saya tulis di web sbg penjelasan:
- sms yg masuk saban hari berkisar antara 500-1000 sms.
- dering telpon, relatif berkisar per 3 menit sekali u/ jam2 sibuk/jam2 kerja.
- kegiatan saya, buanyak sekali. Dlm 1hr, bisa tausiyah 2-3x. Stiap tausiyah brdurasi 1 jam, praktis saya pun tdk bs menggunakan hp selama lbh kurang 30 menit sebelumnya, dan 30 menit sesudahnya, u/ berkomunikasi dg jamaah dan panitia/tuan rumah. Selama masa itu saja, sdh ada 2 jam yg saya ga paham siapa yg sms dan nelpon. Dan pd masa 2 jam itu, sms biasanya berkisar 50-150 sms.
- dlm keadaan tdk capai, maka setelah tdk tausiyah, atau di dlm perjalanan, maka saya akan melihat sms dan menjawab yg sdh sy catat namanya. Sbb cara yg paling gampang adlh dg mengidentifikasi sms yg masuk.
- kegiatan lain saya, menerima tamu, mengajar lsg para santri, dan istirahat. Di masa2 itu, pun saya tdk bisa bersentuhan dg hp.
Banyak yg menyarankan agar saya pakai sekretaris/ajudan/manajer.
Tp saya bertahan u/ tdk memakainya. Biar saja. Begini saja. Mdh2an Allah memaklumi sbb memang situasinya kadang yg tdk memungkinkan. Di antara yg sms, ada yg trnyata mengirim ketika saya sdg membuka hp (kebetulan). Thd yg begini, suka juga saya sempatkan "nyelang" u/ balas. Demikian ya El. Maafkan saya. Maaf lahir batin.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum,ustad...
    Ustad,ad seorang wanita hasil zina menikah,kemudian yg menikahkn pihak KUA,saksinya si bapa wanita tersebut,rt/rw,kerabat n tetangga. Namun didalm ijab qobulnya dsebutkan nm binti bapanya. Apakh sah/tdk?
    Jika tdk sah,bolehkah diulang ijabnya namun yg menikahkan seorang Kiai/ustad,dan hnya dsaksikan kerabat sj nmun tdk dsaksikn bpa kndungnya?
    Tolong penjelasannya?!!
    Dan sah kah jika didlm ijab qobul hanya menyebut sya trima nikahnya....saja,krn ad yg bilng hrs ad 2 kata yaitu sy trima nikah n kawinnya....
    Tolong penjelasannya juga?!
    Wassalam,trima kasih
    Nb: sy sangat butuh jawabn dri anda,sya akn menunggu ustad mnjawab. Krna besar harapan sy kpda ustad untk mnjawab pertanyaan sy.Trima kasih. Wassalam.

    BalasHapus