Jumat, 23 April 2010

SMS Tanya Jawab Ustadz Yusuf Mansur

Assalamu'alaykum wr wb. maaf sblumnya kalo saya ganggu. sbenernya sy mau
tanya sm UYM tp sy gak tau telpnya, jd lwt mbak aja ya.. knapa ya mbak stlh kami
mjlni riyadhoh 40hr spt saran UYM justru keuangan kami jd tdk tlalu baik. uang
invest batubara mandeg & smkn gak jelas, bisnis yg lain jg mlh ditipu org. apa ada
yg salah ya mbak? apa yg hrs kami lakukan? walaupun kami tau ini ujian dr Allah.
tolong tanyakan ke UYM ya mbak.. wassalam-jbn

(-) InsyaAllah ga ada yg sia2. Apalagi riyadhah. Di dalam surah al Kahfi, di
pertengahan, ada ayat yg sangat meyakinkan: Innalladziina aamanuu wa 'amilush
sholihaati innaa laa nudhii'u ajro man ahsana 'amalaa; sesungguhnya, orang2 yang
percaya kepada Allah dan melakukan amal2 saleh, Kami tidak akan menyia2kannya. Ok,
positif aja ya ke Allah nya. Saya doakan semoga semua berlalu dg ujungnya adalah
ujung kebaikan. Kalau soal ujian, para nabi pun mendapatkan ujian. Juga saya. Ga
kira2 ujiannya. Banyak fitnah dan bahkan persoalan financial. Tapi saya percaya
Allah tidak akan membebani kepada kita sesuatu yang tidak sanggup kita pikul.
Sebagai ibrah, coba buka2 surah al baqarah: 212. Salam, Yusuf Mansur.



(+) 08188xxxx:
Asslmkm ustadz....pada waktu minggu yg lalu sy menyaksikan dan menyimak tayangan ttg
matematika sedekah....sy sgt tertarik dan berniat peeeeengeennn skali menjalankan
ibadah sedekah yg ustadz jabarkan....pertanyaan sy bgmana
caranya,syaratnya,aturanny
a...dll menjalankan matematika sedekah itu?trus siapa saja
yg berhak mendptkan sedekah dari kita?....apakah boleh sy memberikan sedekah kpada
karyawan sy?mengingat sy belum bisa memberikan mereka gaji yg besar....krena
Alhamdllah sy skarang sedang merintis perusahaan sy sendiri....mohon arahan dan
tuntunannya pak ustadz......,wasslmmm...

(-) Karyawan tuh diajarkan shalat tepat waktu, ajarkan qabliyah ba'diyah, ajarkan
dhuha, ajarkan puasa senen kamis. Ajarkan ibadah dan memperbaiki ibadah. Ajarkan
juga ttg keyakinan, iman, aqidah akhlak, dan fiqh ibadah. Undang guru/ustadz
setempat u/ ngajar. Ini adalah sedekah antum ke karyawan. Dan insyaAllah kebersamaan
dlm ibadah akan membuat perusahaan antum jadi maju. Soal sedekah, ke orang lain aja.
Tapi kalau mau sedekah ke keluarga sendiri dan ke karyawan sendiri, ga apa2 juga.
Sesungguhnya, kalau setiap orang mengurusi sebaik2nya keluarga dan orang2 deketnya,
maka makmur juga nih Indonesia. Salam.

39 komentar:

  1. Asalamualaikum wr.Wb
    pa ustad saya mau nanya . , kan orang tua saya ini jarang solat pa ustad , terus di suruh solat.A males , susah gtu pak ustad , .
    Saya ini anak.A , . Apakah semua ibadah saya d.Dunia ini , dapat menghapus segala dosa bpa sya d.Akhirat nanti. ,
    m0h0n jwapan.A . ?

    BalasHapus
  2. assalamu'alaikum ustadz. .
    ustadz. . saya lagi dalam masalah. . saya telah melakukan zina dengan pacar saya, dan saya berjanji bahkan bersumpah akan bertanggung jawab, dan tidak akan meninggalkan dia yang sudah kotor karena saya. sekarang alhamdulillah saya sudah tobat. tapi sekarang saya tidak mencintai perempuan ini, karena tiap kali saya melakukan kesalahan, dia sering marah2 dan kasar kepada saya, bahkan berkata kotor. terakhir kali karena saya rekreasi dan duduk di bis bersama wanita lain, yang secara tidak langsung berarti saya bakal tidur semalaman di bis dengan wanita itu, dan pacar saya tidak terima karena selama ini memang saya menjauhi pacar saya karena saya rasa dia belum jadi muhrim saya, bahkan duduk dekat dia gag pernah. dia gag terima dan marah2. saya tidak suka wanita seperti itu, dan saya memutuskan untuk meninggalkan dia dan tidak jadi bertanggung jawab padanya. Dia sudah minta maaf, memohon, dan berjanji gag akan mengulangi, tapi saya sudah tidak percaya padanya. jadi saya tetap memutuskan untuk meninggalkan dia. Apakah tindakan saya ini benar ustadz.?? Apakah saya harus tetap mempertanggungjawabkan janji dan perlakuan saya terhadapnya.?? tolong dikasih saran ya ustadz. . terima kasih
    wass

    BalasHapus
  3. asalamualikum ustadz..??
    nama saya raihan
    saya kenalan sama seorang perempuan dia mengaku janda beranak 2
    di situ saya sering ngobrol menceritakan masa lalu dia
    .dia sering di aniyaya oleh suaminya bahkan tidak pernah di kasih nafkah
    1tahun berlalu dan kami ada rencana mau menikah
    kami melakukan dosa besar yaitu berzina dan dia hamil

    akhirnya dia menceritakan yang sebenarnya,bahwa dia belum resmi bercerai
    saya bingung ustadz apa yang harus saya lakukan sedangkan dia belum resmi bercerai mau menikahi dia pun tidak bisa
    saya telah dibohongi

    saya mau bertobat?
    apa yang harus saya perbuat ustadz?
    apakah allah akan mengampunin dosa saya yang teramat besar?

    Terimakasih, jawaban Dari ustadz bisa menjadi solusi Dari keadàan yg sy hadapi.

    BalasHapus
  4. Assalamuaalaikum...ustad, saya mau nanyak apa hukumnya bila istri marah sama suami gara2 sang suami kentut yg tidak bisa di tahan...mohon penjelasanya pak ustad trimakasih?

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum ustdadz,saya seorang suami yang saat ini d hadapkan dgn ujian.sy khawatir sy tdak sanggup menghadapi nya.istri saya ingin mmiliki penghasilan sendri.krn kslahan sy yg dulu s4 mmbuat ny tersinggung.sbg suami sy sangat overprotektif.setelah mninggal nya putri kami saya kasihan mlihat dia.sy takut.sampe pada akhir nya sy izinkan ia bekerja sore hingga mlm.seiring berjalan nya waktu ia minta ijin ikut senam aerobik.saya jg ijinkan agar ia jg puny kgiatan.seiring berjalannya waktu sy mrasa risih dgn smua kgiatan nya krn sy mrsa dia sering mlupakan kgiatn nya d rumah.kami pun sering ribut hingga pd akhirnya sy minta dia tinggalkan pkerjaan nya dan senam nya.ia pun setuju.tapi sy ttap risih dgn kgiatan nya ingin mnjadi instruktur senam.sy khawatir kgiatan nya akan mrusak rumah tangga kami.istri saya adalah perempuan yg keras.dan tidak pernh bisa di ajak musyawarh slama 13 thun kmi mnikah.sekali lagi saya khawatir dgn kgiatan nya ini rumah tangga kami akan hancur.krn saat ini apapun alasan saya sudah tdk mnjdi pertimbangan nya.maka apa yg hrs sy lakukan ustadz.mohon bimbingan nya.

    BalasHapus
  6. Assalamualaikun ustad...sya lgi kliru...jika kita sholat...tpi sajadah kita wktu blinya pakai duit yang gak halal...apa sholat kita sah....atau sebaik nya gmna ustad....mohon bantuannya

    BalasHapus
  7. Assalamualaikun ustad...sya lgi kliru...jika kita sholat...tpi sajadah kita wktu blinya pakai duit yang gak halal...apa sholat kita sah....atau sebaik nya gmna ustad....mohon bantuannya

    BalasHapus
  8. ustadz mohon pencerahan nya
    ibu saya hutang nya ratusan juta
    ia jg sudah tua dn bingung memikirkn hutang nya
    ia jg rajin shalat bhkn shlat mlm pun sampe stiap mlm

    BalasHapus
  9. Assalamu'alaikum wr.wb.
    pak ustadz, sekarang mimpi2 saya sepintas2 sering jdi kenyataan.
    misalnya_ saya sedang melakukan sesuatu, ngorol.
    dan apa yg diobrolin, tempatnya, orang yg ngobrol itu seperi pernah dialami oleh saya tp didalam mimpi.
    itu pertanda apa ya..
    mohon jawaban dan penjelasannya.
    terima kasih..

    BalasHapus
  10. Assalammu'alaikum ustadz

    saya maua bertanya, berdosakah seorang anak jika niat umrah orang tuanya terhalangi karena orang tua merasa belum bisa pergi sebab si anak belum menikah.

    BalasHapus
  11. assalamualaikum wr.wb saya mau tanya ustad,saya punya utang perkiraan 10 juta,usaha saya jatoh jalan keluarnya gimana?apakah harus bersedekah uang sedeka itu boleh utang dulu?

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum wr.wb
    Ust mohon pencerahannya.
    Saya punya kakek berumur sekitar 80 th beliau sholat dgn duduk.
    Suatu hari nenek saya ingin berjama'ah dgn kakek saya..
    Pertanyaan : jaka kakek saya yg sudah tua sholat dgn duduk lalu istrinya atau nenek saya jadi ma'mum apakah mengikuti imam duduk apa berdiri ust.. Nenek saya kalau sholat masih bisa dgn berdiri.
    Mohon pencerahaannya ust.

    BalasHapus
  13. ASSALAMUALAIKIUM, WR,WB,
    Ustad Teman Saya Bertanya Apa jadinya Kalau Sodakoh Menjadi suatu kewajiban Bukan Keridohan Allah. Jadi Apakah Mendapat Pahala Apa Tidak

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Ass mualaikum Ustaz, sy mau bertanya apakah org yg sedang jatuh ataw di uji oleh allah berupa kekurangan itu selalu org yg hina ? dan berarti sedang di Azab Allah ? dan apakah org yg sedang berlimpah harta itu selalu org yg mulia dan baik di mata Allah ? knp sy menanyakan ini ? karena itu yg mereka katakan mengenai sy dan mereka hina saya . krn sy mengalami kebangkrutan usaha bersamaan dgn perpisahan dgn mantan suami. klw mengenai sedekah alhamdulillah sy sudah jalankan ya walawhualam hanya Allah yg tau pak ustaz. mohon penjelasan nya dan trimakasih.

    wassalam
    Sury

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum. Pa ustad saya mau tanya kn saya punya anak perempuan baru lahir dan saya kasih nama " Ashiqa Callista Alea " menurut pa ustadz bagaimana? Bagus atau tidak kirim ke email :firmansyaha87@gmail.com

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum ustad
    Apabila ada seorang istri mau dipoligami tetapi orangtuanya si istri tidak mengizinkan anaknya di poligami
    Tetapi anaknya tetap dipoligami sampai membuat ibunya yang dipoligami menangis berhari hari bagaimana penjelasanya? Makasih

    BalasHapus
  18. Assalamu'alaikum...
    Pak ustad maaf sebelumnya. Aku harap pertanyaan ini akan dapat respon dari ustad..
    Pernah aku mendengar atau membaca ceramahnya ustad yusuf mansur.
    Pda isi cermah itu katanya kalo mau ngamalin seauatu harus bisa jaga sholat lima waktu dan shalat sunahnya berjama'ah di maajid.
    Pertanyaan saya.. karena aku seorang remaja umur 20 tahun.. aku jg seorang wanita. Dan wanita gak di wajibkan sholat dimasjid... Apa mungkin jika kita melaksanakan sholat wajib 5 dirumah semua amalannya akan sia-sia ??

    Mohon responya ustad🙏🙏🙏

    BalasHapus
  19. Asalam mualaikum ustadz saya Mau tanya saya ingin memilih jodoh sendiri tapi kedua orang tua saya menjodohkan saya dengan laki-laki yg kedua orang tua saya pilih kan tapi saya tidak mau menikah dengan pilihan kedua orang tua saya mohonjawabnya ustadz terima kasih asalammualaikum wr wb

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Asalam mualaikum ustadz saya Mau tanya saya ingin memilih jodoh sendiri tapi kedua orang tua saya menjodohkan saya dengan laki-laki yg kedua orang tua saya pilih kan tapi saya tidak mau menikah dengan pilihan kedua orang tua saya mohonjawabnya ustadz terima kasih asalammualaikum wr wb

    BalasHapus
  23. Asalam mualaikum ustadz saya Mau tanya saya ingin memilih jodoh sendiri tapi kedua orang tua saya menjodohkan saya dengan laki-laki yg kedua orang tua saya pilih kan tapi saya tidak mau menikah dengan pilihan kedua orang tua saya mohonjawabnya ustadz terima kasih asalammualaikum wr wb

    BalasHapus
  24. Assalamu'alaikum warohmatullah ustad. Ustad saya mendapatkan musibah yg rasanya tidak bisa saya lalui . Saya tidak tau harus bagaimana lagi, senantiasa meminta solusi kpd teman malah sperti sy selalu mengeluh. Rasanya tidak ada solusi yg baik untuk sy. Shg muncul perasaan bahwa allah sprti benci kpd sy, jd timbul rasa acuh untuk beribadah ustad. Saya tidak tau harus bagaimana lagi ustad . Tp sy masih ada keyakinan bahwa allah pasti aada untuk hambanya, pasti memberi kemudahan dalam kesulitan ..tp pikiran bhwa allah tidak membenci sy selalu ada ustad .

    BalasHapus
  25. Assalamu'alaikum warohmatullah ustad. Ustad saya mendapatkan musibah yg rasanya tidak bisa saya lalui . Saya tidak tau harus bagaimana lagi, senantiasa meminta solusi kpd teman malah sperti sy selalu mengeluh. Rasanya tidak ada solusi yg baik untuk sy. Shg muncul perasaan bahwa allah sprti benci kpd sy, jd timbul rasa acuh untuk beribadah ustad. Saya tidak tau harus bagaimana lagi ustad . Tp sy masih ada keyakinan bahwa allah pasti aada untuk hambanya, pasti memberi kemudahan dalam kesulitan ..tp pikiran bhwa allah tidak membenci sy selalu ada ustad .

    BalasHapus
  26. Asalamualaikum wr wb saya mau tanya apakah sholat sunnah setelah jamaah sholat ashar itu dilarang..?? Tolong penerbangan nya. Karna pernah saya di tegur di salah satu masjid di jakarta kekita setelah sholat terimakasi wasalam

    BalasHapus
  27. ass, pak ustad aku mau tanya,,
    saya punya keponakan yg masih 5 bulan, dia itu kalau malam tertentu sering nangis, dan nangisnya itu gk seperti biasa,kata orang si ada sesosok makhluk halus yg gangguin dia... mohon pak minta di ajarin cara mengusir jin yg suka menggangu bayi,atau ayat2 yg bisa saya bacakan, supaya dia pergi dan tidak mengganggu bayi lagi..... trimakasih,,wasalam..

    BalasHapus
  28. Assalamu'alaikum. Sy mau tanya ust tentang duduk tahyat dalam sholat tatawih.

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum, wr.wb
    Ustadz saya mau tanya..
    Suami saya ikhlas saya bekerja di asuransi
    Tapi tidak untuk pekerjaan yang lain..
    Sedangkan saya sudah putus asa di asuransi,
    Dan ingin membantu suami saya dengan pekerjaan yang lain
    Mohon pencerahannya, pak ustadz

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum ustad....mau tanya,kalau uang sedekah yg saya kumpulkan untuk renovasi musholah boleh saya alokasikan untuk santunan anak yatim?
    Terima kasih

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum ustadz saya mau minta pendapat..
    Bagaimana hukumnya orang/jama'ah yg bertakbir keliling atas nama majid A. .
    Tapi masjid A... tersebut belum 100% rapi. .Apalgi status wakaf lg diurus belom selesai. Dan Hutang panitia masjid A . ke toko Bangunan msh banyak

    Sedangkan setiap tahun mengadakan takbir keliling dg sumber dana dr penarikan orang perantauan..
    Menurut saya penarikan dana perantauan tetap dilaksanakan tp untuk menutup hutang panitia masjid.. Dr pd buat takbir keliling..tp panitia masjid malah tetep mengadakan takbir keliling

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum pak ustad saya mau bercerita masalah yg membelit saya berawal dari hutang ibu saya d renteiner yg awal 3jt jadi membengkak dan terus d tagih karena saya kasihan dan tidak bisa membantu banyak saya putuskan meminjam pinjaman online dari aplikasi yg tanpa bangunan dan bunga nya lebih besar awalnya pembayaran saya lancar dengan tutup lubang gali lubang dengan pinjam online satu dengan lain nya demi menutup satunya tapi semakin lama saya semakin terbebani dan saya sudah d peringatkan suami untuk berhati2 tapi saya menyakinkan pasti bisa daripada ibu di kejar renteiner tapi semakin ke sini saya semakin tertekan deptcollector dari pinjaman online terus saja meneror dan mengancam saya bahkan menyebarkan data saya yg akhirnya suami saya tahu dan marah sama saya apa yg harus saya lakukan pak ustad saya hampir saja bunuh diri karena sudah gak kuat tapi melihat tangisan anak saya,,saya mengurungkan niat saya dan pada suatu hari saya melihat ceramah ustad dengan sedekah insya allah ada jalan yg terfikir dari benak saya hanya menjual sepeda anak saya karena saya tidak punya harta lagi dan setelah terjual saya shodaqohkan k anak yatim yg merupakan teman anak saya d sini saya mohon solusi nya dan ini no hp saya 085859337714

    BalasHapus
  33. Assalamualaikum UYM
    Saya fitrah .. saya dpat kenalan dgn seorang janda dr tasik..namun dia blum resmi brcerai d'karnakan pihak laki" trsebut tdak mau mengurus'a .. saya brtnya sama prempuan trsebut .. knpa dia minta pisah ??? Prempuan trsebut menjawab krna suami'a tlah menghamili tmen istrinya sndiri .. itu sebabnya prempuan itu minta cerai
    Lambat laun seiringnya prkenalan saya dgn prempuan itu .. seringnya komunikasi diantara kami brdua .. timbulah rasa ingin memiliki wanita trsebut .. bahkan saya tlah brucap bahwa saya ingin serius menikahinya .. lalu wanita trsebut meminta saya dtang menemuinya sbagai bukti atas k'seriusan saya untuk menjalin hbungan dgnnya .. krna saya sudah trlanjur sayang trhadapnya .. saya brniat tgl 7 july 2018 nnti saya akan mendatanginya ..
    Apakah brbuatan saya ini salah ???
    Apa yg harus saya lakukan k'depannya ??

    Mohon pencerahnya UYM
    saya ucapkam bnyak" trima kasih

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum
    Saya Vina... Dari kecil sampai sekarang saya sdh sering dibeda²kan dengan saudara saya. Apakah boleh saya marah pada ibu saya karena saya tidak mendapatkan hak saya sebagai seorang anak ?

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum pak ustad, semoga selalu diberikan nikmat sehat oleh Allah swt. Saya mau bertanya, saya 4 bersaudara, kakak(perempuan) saya yg pertama murtad. Kemudian ada sisa harta dr kakek saya (ayahnya bapak) mau dibagi ke setiap ahli waris. Pertanyaanya apakah kakak saya mendapat hak waris dr kakek saya. Kakek dan bapak sya sudah meninggal. Lebih duluan kakek yg meninggal. Kakak saya murtad setelah kakek dan bapak saya sudah meninggal. Semoga pak ustad ada waktu menjawab, Wasalam.

    BalasHapus
  36. Assalammuaikum ustad..
    Saya mau tanya ustad kenapa saya merasa jalan saya dan suami mencari pekerjaan ditutup tdk ada pintu yg terbuka. .Amal apa yg harus saya lakukan ustad. Saya terasa berputus asa ustad karna kami punya 2 anak ustad. Terima kasih

    BalasHapus
  37. Assalamualaikum ustad say mohon solusinya bagaiman menghadapi masalah klu kita ribut dgn teman krna ulah adudomba org say sdh berusaha menjelaskan apa penyebab kekalahan saya sya jga sdh mintak maaf atas kekhilafan sya tp malah bknnya baik malah saya dianggap jahat dan pura2 baik selama ini jd apa yg harus saya perbuat ustad krna jd beban pikiran saya dan sya mohon solusi ustad agar saya tidak sakit hati dan dendam atas hujatan ini

    BalasHapus
  38. Assalamualaikum Wr.wb ustad yusuf mansur
    Perkenalkan nama saya fernando dulu nya saya beragama nasrani sekarang saya mua'alaf beragama islam.

    Dear, ustad

    Tolong beri saya pencerahan dan penjelasan tentang ayat yang saya baca di bawah ini,
    1. QS 3 Ali- imran 55
    2. QS 5 al- maidah 177
    3. QS 19 maryam 33

    Kenapa 3 ayat diatas sangat bertentangan dengan 1 ayat di bawa ini :
    QS an-nisa 157-158.

    Terima kasih.
    Assalamualaikum Wr.wb.

    BalasHapus